4 Alasan Perusahaan Menerapkan Aplikasi HRIS Berbasis Cloud

Mengelola dan mengurus administrasi karyawan tidak semudah seperti yang terlihat. Bayangkan, ada berapa lembar data yang tersimpan di rak lemari arsip? Hanya untuk satu orang karyawan, sudah ada beberapa tumpukan berkas. Mulai dari data riwayat hidup, data keluarga, daftar tunjangan, hingga invoice dan upah karyawan. Lalu, bagaimana jika jumlah karyawan perusahaan ada ribuan? Sungguh suatu pekerjaan yang rumit jika tidak terstuktur dengan baik.
Jika perusahaan masih mengelola data karyawan menggunakan Excel, hal ini mungkin masih terlihat baik – baik saja untuk perusahaan yang berskala kecil atau UKM. Namun, seiring waktu perusahaan akan terus berkembang. Demikian halnya dengan jumlah pegawai yang akan terus meningkat. Inilah saatnya mengetahui  pentingnya menerapkan aplikasi HRIS berbasis Cloud untuk perusahaan Anda, sebagai berikut:

1. Setiap divisi di perusahaan dapat saling terhubung

Sudah menjadi hal yang lumrah di setiap divisi dalam satu perusahaan saling berbagi data dan informasi yang dibutuhkan berkaitan dengan pekerjaan tertentu. Sebagai contoh, tim finance membutuhkan data cuti, lembur, dan absensi dari tim HR untuk diproses dalam sistem payroll.
Ketika saling memperbarui data ini, terkadang dapat terjadi kerancuan data karena masing – masing divisi memiliki salinan di komputer pribadinya. Berbeda jika data karyawan tersimpan dalam satu aplikasi HRIS berbasis Cloud. Semua orang bisa mengakses hanya satu data yang akurat. Sehingga tidak akan terjadi kerancuan atau ambigu data.

2. Efisien waktu

Bayangkan jika penggajian atau payroll harus tertunda karena bos sakit atau staf finance yang menangani payroll tidak masuk kerja. Tidak hanya menyebabkan gaji tertunda atau terlambat dibayarkan, tetapi sangat tidak efisien waktu.
Sudah seharusnya faktor – faktor yang disebabkan manusia harus dihilangkan dari sistem payroll. Menerapkan aplikasi HRIS berbasis Cloud memudahkan siapa saja untuk mengelola data karyawan atau payroll dari mana pun dan kapan pun, bahkan tidak perlu datang ke kantor ketika sedang rapat di luar atau cuti di rumah.

3. Meningkatkan keamanan data

Dokumen dan data perusahaan merupakan aset penting yang harus selalu dijaga keamanan dan kerahasiaannya. Meletakkan data – data karyawan di komputer yang bisa diakses siapa saja secara internal perusahaan masih berpotensi mengalami kebocoran data. Terutama jika ada virus atau serangan hacker hitam.
Untuk itulah, perusahaan butuh aplikasi HRIS yang menjamin keamanan data yang bersifat confidential atau rahasia.

4. Praktis dan modern

Otomatisasi dan kepraktisan menjadi sarana penting bagi perusahaan dalam mengelola penggajian atau manajemen karyawan dengan lebih akurat dan presisi. Aplikasi HRIS dapat mengurangi tingkat kesalahan manual yang kerap terjadi ketika menghitung gaji karena masih mengandalkan program excel atau pembukuan jadul.
Kalkulasi yang dahulu masih membutuhkan inputan tenaga manusia, kini bisa dilakukan secara manual dan saling terintegrasi. Lebih cepat, praktis dan modern untuk mendukung kinerja perusahaan Anda.
***
Jika Anda sudah siap untuk memudahkan tugas HR dalam mengelola keseluruhan data karyawan, beralihlah ke aplikasi HRIS dari LinovHR. Semua data karyawan dan data HR dapat diperbarui secara otomatis berbasis Cloud. Mudah digunakan dan terdapat otoritas akses bagi setiap user sehingga menjamin keamanan data. Untuk meyakinkan perusahaan Anda, hubungi tim LinovHR dan meminta demo atau trial periode secara gratis sekarang juga. Kami siap membantu Anda.
Lihat Lebih Lengkap - > https://www.linovhr.com/