Cara Agar Imun Anak Kuat Dan Kebal Terhadap Penyakit Secara Alami

Cara Agar Imun Anak Kuat Dan Kebal Terhadap Penyakit Secara Alami

Cara Agar Imun Anak Kuat Dan Kebal Terhadap Penyakit Secara Alami


Menjaga daya tahan tubuh anak supaya kuat dan kebal terhadap penyakit sangatlah penting, karena di usia anak anak, sistem imun mereka masih dibilang belum sempurna dan mudah terserang berbagai macam penyakit, jika orang tua tidak berperan serta dalam menjaga dan meningkatkan imun secara alami.

Terutama menjelang musim panca roba dimana perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu bisa membuat anak mudah sekali terserang virus dan bakteri yang bisa menyebabkan tubuh anak mudah sakit.

Selain memberikan vitamin, sebenarnya yang lebih penting agar imun anak kuat dan kebal terhadap penyakit adalah menjaga pola hidup sehat yang kita ajarkan kepada mereka, agar tubuh mereka kuat secara alami.

Nah berikut ini beberapa tips dari bangtresna, agar imun anak kuat dan kebal terhadap berbagai macam penyakit. 

1. Penuhi Asupan Nutrisi Anak Dengan Makanan Sehat

Ini adalah yang paling utama agar anak memiliki sistem imun yang kuat dan kebal terhadap berbagai macam penyakit, karena jika asupan nutrisi anak terpenuhi dari segi vitamin, kalsium, protein, zat besi serta anti oksidannya, maka anak akan memiliki tubuh yang kebal terhadap penyakit.

Untuk itu sangat penting para orang tua memperhatikan asupan nutrisi anak anak mereka dengan memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna, agar semua tercukupi, jangan hanya memberikan makanan asal kenyang saja.

Baca juga : Siasat jitu agar anak mau makan dan minum susu

2. Memberikan ASI Hingga Berumur 2, 5 Tahun

Sudah banyak penelitian yang di lakukan bahwa anak yang di beri ASI hingga berumur 2,5 tahun itu lebih memiliki daya tahan tubuh dan imun yang kuat di bandingkan yang tidak, karena memang ASI merupakan nutrisi pertama bagi tubuh anak kita yang mengandung berbagai macam keperluan tubuh anak.

Itulah mengapa di agama islam pun sangat dianjutkan untuk menyusui anak hingga berumur 2.5 tahun, karena di dalam ASI membang sudah di ciptakan nutrisi dan anti oksidan yang sangat baik bagi tubuh anak kita.

3. Menjaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan

Seperti kata pepatah, bersih itu pangkal dari kesehatan. JIka lingkungan dan diri kita bersih maka tentu tubuh kita tidak akan mudah terinfeksi virus dan bakteri penyebab berbagai macam penyakit.

Nah, untuk anak anak tentu di perlukan keterlibatan akitf orang tua dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan mereka, terutama untuk anak anak balita, pastikan para orang tua menjaga kebersihan tangan dan lingkungan, karena biasanya anak anak suka memasukkan tangan mereka kemulut yang bisa menjadi sumber masuknya bakteri ketubuh.

Pastikan juga kebersihan mainan anak anak, karena merka sangat senang sekali berinsteraksi dengan mainan mainan yang bukan tidak mungkin menjadi sarang bakteri jika tidak pernah di bersihkan.

4. Hindari Konsumsi Gula Dan Makanan Yang Manis

Kita para orang tua harus tahu, konsumsi gula terutama pada camilan anak anak seperti permen, ice cream dll, tidak semua menggunakan gula asli lho, melainkan menggunakan (Sukrosa ) atau gula hasil dari proses pemurnian sehingga kandungan vitamin dan mineralnya sudah hilang.

Yang mana berdasarkan penelitian, sukrosa bisa menyebabkan menurunkan kemampuan sel sel darh putih dalam mencegah berbagai macam bakteri sehingga daya tahan tubuh menjadi lemah.

Untuk itu sebisa mungkin hindari konsumsi gula dan makanan manis bagi anak anak kita, terutama yang berbentuk camilan yang di jual di pasaran.

Lebih baik kita buat camilan sendiri yang lebih sehat dan terjamin kehigenisannya.

5. Ajak Anak BerolahRaga

Untuk anak anak yang sudah berusia 4 tahun ke atas, sangat penting untuk mereka melakukan aktifitas fisik ringan yang bisa memerperlancar aliran sel darah putih mereka keseluruh tubuh sehingga daya tahan tubuh mereka meningkat.

Untuk itu ajak anak berolahraga, dengan cara bermain dengan aktifitas fisik yang ringan dan di sesuaikan dengan usia mereka, agar tubuh mereka selalu bugar dan kebal terhadap penyakit.

6. Perbanyak Konsumsi Buah Buahan

Buah buahan memiliki anti oksidan yang sangat tinggi yang sangat bagus untuk imun ank tetap kuat secara alami.

Untuk itu sediakanlah buah buahan selalu dirumah, agar anak anak bisa memperbanyak konsumsi buah buahan di bandingkan dengan konsumsi camilan camilan yang kurang sehat.

Terutama buah buahan seperti pisang, pepaya, jambu biji, jeruk, apel dan alpukat yang merupakan sumer vitamin yang sangat baik but tubuh.

7. Jaga Pola Tidur Anak Kita

Sangat penting juga untuk menjaga pola tidur anak anak kita, karena dengan pola tidur yang teratur juga akan mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Baca juga : Cara mengatasi insomnia parah dengan cepat

8. Berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Setelah hal hal di atas tersebut kita lakukan, maka jangan lupa juga untuk selalu berdoa dan bertawakkal kepada ALLAH SWT, karena walau bagaimanapun segala sesuatu di dunia ini adalah semua kehendaknya.

Dan jangan lupa pula untuk selalu bertaubat dan memohon ampun ata segala dosa yang telah kita lakukan dimasa lalu dan sekarang, karena sebagai manusia biasanya kita pasti pernah melalkukan dosa baik yang tidak sengaja ataupun secara sengaja.

Demikianlah cara agar imun anak kuat dan kebal terhadap penyakit secara alami, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Salam.
Buka Komentar