Mengenal Nama Nama Bulan Islam Dalam Kalender Hijriah Berikut Artinya

Mengenal Nama Nama Bulan Islam Dalam Kalender Hijriah Berikut Artinya

Mengenal Nama Nama Bulan Islam Dalam Kalender Hijriah Berikut Artinya


Sebagai pemeluk agama islam, maka sudah selayaknya untuk kita mengetahui dan mempelajari lebih jauh tentang seluk beluk agama kita, termasuk dalam hal Bulan islam, yang kita ketahui memiliki nama nama bulan tersendiri berbeda dengan nama nama bulan yang ada di kalender masehi yang menjadi kalender international di dunia.

Terutama di era moderen ini, makin banyak anak anak generasi milenial yang bahkan tidak hafal dengan nama nama bulan islam dalam kalender hijriah karena menganggapnya tidak terlalu penting.

Tentu hal ini sangat mempihatinkan, karena di dalam nama nama bulan islam tersebut sebenarnya banyak mengandung sejarah serta pristiwa pristiwa penting dalam agama islam yang bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua.

Seperti pada bulan Muharram yang merupakan bulan perama dalam kalender hijriah tersebut sekaligus awal pergantian tahun baru islam yang baru saja kita rayakan kemaren berepatan dengan tgl 11 september 2018 masehi.

Di bulan muharram ini ada banyak sekali peristiwa peristiwa penting dan bersejarah yang wajib kita kenang, untuk lebih mengingatkan kita pada rahmat dan kasih sayang ALLAH kepada umatnya, diatarnya :

1. Di pertemukannya nabi adam dengan istirnya siti hawa di Jabal Rahmah atau yang lebih kita kenal dengan padang Arafah.

2. Nabi Nuh beserta rombongan di selamatkan oleh ALLAH setlah bumi di tenggelamkan selama 6 bulan lamanya.

3. Di bebaskannya Nabi Yusuf dari penjara.

4. Di selamatkannya Nabi Ibrahim oleh ALLAh dari pembakaran Raja Nabrud.

5. Di Keluarkannya Nabi Yunus dari perut ikan setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam.

Merupakan diantara peristiwa peritwa penting bagi kita para umat islam yang wajib kita kenang untuk kita jadikan pelajar dan hikmanya, peristiwa peristwa tersebut tepatnya teradi pada tanggal 10 bulan muharram, dan kitapun di sunnahkan pada hari ke 10 bulan muharram ini.

Mengingat banyak makna yang terkandung di dalam bulan islam tersebut maka sudah sewajarnyalah untuk kita mengetahui dan memahaminya. Dan untuk itu, pada kesempatan kali bangtresn sudah menyiapkan secara lengkap daftar nama nama bulan islam dalam kalender hijriah secara berurutan lengap beserta artinya.

Baca juga : Bahkan disetiap musibah dan bala ada kelembutan Tuhan yang tidak kita sadari

Berikut Nama Nama Bulan Islam Tersebut :

1. Bulan Muaharram

Merupakan bulan pertama dalam bulan hijriah, dan setiap taggal 1 muharram di peringati sebagai Tahun barunya umat islam atau bagi orang jawa lebih di kenal dengan 1 suro.

Dinamakan Muharram (yang diharamkan) karena dulunya di bulan ini umat islam dilarang berperang dan di wajibkan berpuasa pada taggal 10 muharram, sebelum akhirnya berubah jadi sunnah setelah ada kewajiban puasa Ramadhan dari ALLAH SWT.

2. Bulan Safar

Merupakan bulan kedua di dalam kalender hijriah yang berarti Kosong, karena dulunya kebiasaan orang orang arab kebanyakan meninggalkan rumah mereka pada bulan ini sehingga menjadi kosong.

Ada juga beberapa pendapat yang mengatakan jika safar ini diambil dari sebuah nama penyakit seperti yang diyakini oleh bangsa arab jahiliyah di masa lampau, sehingga banyak melatar belakangi mitos bahwa bulan safar merupakan bulan yang kurang baik.

Padahal semua bulan tersebut tentulah ada baik dan buruknya karena sama sama merupakan ciptaan ALLAH SWT.

3. Rabiul Awal

Merupakan bulan ke 3 didalam kalender hijriah, sekaligus merupakan bulan kelharian junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, sehingga banyak orang yang menyebut bulan Rabiul Awal ini sebagai bulan Maulid atau dalam sebutan masyarakat kita menjadi bulan mulud.

Dinamankan Rabiul Awal, karena pada bulan ini merupakan awal permulaan bermunculnya musim tumbuh kembangnya bunga bunga dan buah buahan bagi berbagai tanamanan.

4. Rabiul Akhir

Merupakan bulan ke 4 dalam bulan islam yang berarti berakhirnya musim tumbuh kembangnya bunga bunga dan juga musim buah buhan dan berbagai tanaman.

5. Jumadil Awal

Meruapakan bulan ke 5 dalam kalender hijriah yang merupakan bulan yang menandainya datangnya musim sejuk ataupun musim dingin, maka itulah bulan ini dinamai dengan Jumadil awal.

Dari segi bahasapun jumadi awal berarti sejuk atau beku, sesuai dengan keadaan jaman dahulu, dimana pada bulan ini dimana telaga dan sungai menjadi kering an beku.

Baca juga : 6 perkara rukun iman dalam islam beserta penjelasannya

6. Jumadil Akhir

Merupakan bulan ke 6 dalam kalender islam yang menandai berahirnya musim sejuk atau beku, sekaligus merupakan bulan meninggalnya khalifah pertama umat islam yakni sayyidina Abu Bakar Ash Shiddiq.

7. Rajab

Merupakan bulan ke 7 dalam kalender hijriah dan merupakan salah satu bulan yang paling mulia dari 4 bulan haram yang di sebutkan di dalam hadist dan juga di al-quran, dimana kita di anjurkan untuk berpuasa sunnah dibulan ini.

Firma ALLAH :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا 

أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ 

كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya :

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (QS. At-Taubah : 36).

8. Sya'ban

Meruapakan bulan ke 8 di dalam islam yang dikenal sebagai salah satu bulan ampunan sebagaimana yang banyak dikatakan oleh para ulama dan juga tertuang dalam hadist nabi yang berbunyi :

" ALLAH mendatangi seluruh mahluknya pada malam Nisfu Sya'ban, ALLAHpun mengampuni Dosa seluruh mahluk keculai orang yang musyrik dan bermusuh musuhan.

9. Ramadahan

Selanjutnya bulan ke 9 di dalam kalender hijriah adalah bulan Ramadahan yang merupakan bulan yang paling di tunggu tunggu oleh umat islam di seluruh dunia, karena di bulan ini merupakan bulan yang pernuh berkah dan ampuanan serta dilipat gandakannya segala amal perbuatan manusia.

Bulan Ramadhan juga merupakan bulan turunnya AL-Quran yang merupakan kitab suci bagi umat isalam sekaligus petunjuk bagi seluruh umat manusia, dan di bula ini juga terdapat malam 1000 bulan yang tidak ada di bulan bulan lainnya.

10. Syawal

Selanjutnya bulan yang ke 10 adalah bulan Syawal, yang merupakan bulan hari raya idul firi bagi umat islam, setelah sebulan penuh melaksanakan puasa di bulan Ramadhan.

Terutama di indonesia di bulan Syawal ini terasa sangat spesial, karena adanya tradisi mudik lebaran dan saling bermaaf maafan antara keluarga , sahabat dan juga para tetangga kita.

11. Dzulkaidah

Selanjutnya bulan yang ke 11 di dalam kalender hijriah adalah bulan Dzulkaidah, yang merupakan salah satu bulan mulia selain bulan Muharram dan sya'ban.

Baca juga : Jangan pernah bergantung terhadap manusia

12. Dzulhijjah

Yang terakhir, bulan penutup di dalam kalender hijriah adalah bulan Dzulhijjah yang juga merupakan salah satu bulan mulia selain dari bulan muharram, say'ban, dzulkaidah.

Atau yang lebih di kenal oleh masyarat sebagai bulan hari raya qur'ban, dimana di bulan ini, masyarakat yang tidak pergi ber haji maka akan banyak berqurban dan juga melakukan sholat idul adha.

Demikianlah sedikit penjelasan singkat tentang mengenal nama nama bulan islam dalam kalender hiriah, semoga bisa memberikan sedikit manfaat dan mohon maaf atas segala kekurangan.
This Is The Newest Post
Buka Komentar