Cara Mengatasi Insomnia Parah Dengan Cepat Paling Ampuh

Cara Mengatasi Insomnia Parah Dengan Cepat Paling Ampuh

Cara Mengatasi Insomnia Parah Dengan Cepat Paling Ampuh


Mengatasi Insomnia dengan cepat sangat perlu kita lakukan, karena selain bisa menggangu aktifitas dan produktifitas kerja, juga bisa mengganggu kesehatan tubuh kita karena tubuh kita kekurangan instirahat.

Namun untuk menghilangkan insmonia ini tentunya di perlukan komitmen yang kuat dari diri kita sendiri, karena sebenarnya insomia ini berhubungan erat dengan pola hidup yang kita jalani yang menyebabkan kita tidak bisa cepat tidur.

Mengobati insomnia dengan cara cara cepat seperti menggunakan obat tidur itu bukanlah jalan terbaik karena tentu akan ada efek samping yang akan kita rasakan suatu saat nanti, dan cara tersebut tidak bisa mengatasi insomnia secara totoal, sehingga masih terus berkelanjutan.

Lalu bagaimana cara mengatasi insomnia ini dengan cepat?

Berikut beberapa hal yang harus sahabat lakukan untuk membasmi penyakit insomnia ini dengan cepat dan ampuh :

1. Meningkatkan Aktifitas Fisik KIta

Secara logika saja, jika tubuh kita melakukan aktifitas fisik yang cukup seperti berolah raga, ataupun kegiatan lain yang mengharuskan kita menggunakan fisik kita untuk bergerak, maka tubuh kita akan mengalami keletihan, yang tentunya akan berakibat mudahnya kita untuk beristirahat dan tidur.

Tidak usah terlalu lama, cukup 15 menit sampai 30 menit saja sehari itu sudah cukup untuk memenuhi aktifitas fisik kita, agar kita bisa terhidar dari insomnia.

Terutama melakukan olah raga pada malam hari sebelum jam tidur kita, maka tentu akan lebih ampuh lagi untuk mengobati insomnia, karena seuasai berolah raga, maka kita bisa dengan mudah untuk cepat tidur.

Baca juga : Cara cepat menghilangkan dahak dengan bahan alami

2. Menghindari Stres

Banyaknya permasalah permasalah yang kita hadapi baik itu masalah pekerjaan, rumah tangga, ataupun masalah hubungan, seringkali membuat fikiran kita terus tertuju terhadap perkara perkara tersebut yang membuat kita stres dan dampaknya sangat sulit sekali tidur.

Jika ini yang terjadi, maka sebisa mungkin sahabat harus segera menghindari hal ini, dengan cara mengikhlaskan segala sesuatu yang terjadi karena semua itu adalah sudah kehendak dari pada Tuhan yang maha esa.

Perbanyak juga beribadah dan bertawakkal kepada ALLAH swt maka Insya ALLAH kita akan lebih tenang dan terhindar dari stress dan kitapun akan terhindar dari Insomnia.

3. Buat Suasana Kamar Tidur Senyaman Mungkin


Bisa jadi salah satu penyebab insomnia adalah akibat suasana kamar yang berantakan dan juga aroma yang tidak sedab sehingga membuat tubuh kita tidak bisa rilex dan tegang sehingga menjadi sulit untuk tidur, karena sudah sifat dasar dari manusia suka dengan suasana yang nyaman.

Untuk itu buatlah suasana kamar tidur kita senyaman dan seindah mungkin agar, ketika kita masuk ke kamar maka otomatis tubuh kita merasa rilex dan bisa tidur dengan cepat.

4. Mengubah Gaya Hidup

Salah satu faktor yang juga sangat berpengaruh terhadap penyakit insomnia adalah gaya hidup kita, seperti suka minum yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, merokok serta pola tidur yang tidak teratur sehingga membuat tubuh tak peka lagi kapan waktunya untuk istirahat.

Untuk itu jika sahabat mereka mengalami susah tidur, pastikan sahabat sudah merubah gaya hidup sahabat secara perlahan, minimal tidak minum kafein ketika hendak menjelang jam tidur.

Biasakan juga tidur secara teratur pada waktu yang sahabat tetapkan, dan sebisa mungkin hindari begadang jika memang tidak terlalu penting.

Baca juga : 10 manfaat jambu biji bagi kesehatan

5. Mengkonsumsi Buah Yang Kaya Akan Melatonin

Berdasarkan beberapa penelitian, mengkunsumsi buah yang kaya akan melatonin dapat membantu tidur seseorang lebih nyenyak dan dapat meningkatkan efisiensi kualitas tidur mereka.

Untuk itu, melatonin ini sangat baik buat kita yang ingin mengatasi insomnia dengan cepat, dengan mengkonsumsinya secara teratur. Contoh buah yang banyak mengandung melatonin adalah buah kiwi.

6. Minum Segelas Susu Hangat 1 Jam Sebelum Jam Tidur

Cara sederhana ini juga terbilang sangat ampuh untuk mengatasi insomnia, karena kandungan pada susu bisa mengundang rasa kantuk yang akan mempermudah seseorang untuk segera tidur dengan nyenyak.

7. Relaksasi Tubuh Dan Fikiran

Tubuh yang rilex dan fikiran yang tenang merupakan kunci dari seseorang bisa dengan mudah untuk tidur nyenyak, untuk itu pastikan sahabat melakukan relaksasi tubuh dengan benar setiap saat, atau minimal menjelang waktu tidur.

Sahabat bisa melakukan relaksasi tubuh dengan latihan pernafasan, yoga, membaca buku atau bagi sahabat yang bergama muslim bisa juga dengan melakukan sholat dan zikir yang bisa menambah rasa tenang dan damai sehingga kita bisa istirhat dengan pulas.

8. Mematikan Lampu

Dalam beberapa kasus banyak sekali orang yang bisa tidur dengan mudah ketika lampu kamar di matikan ketimbang di biarkan terang benderang, karena jika tidak ada pencahayaan maka otomatis tubuh kita bisa merespon lebih cepat untuk beristirahat, so !! saya rasa tidak ada salahnya untuk sahabat menoba hal ini.

Baca juga : Cara sederhana namun ampuh menghilangkan komedo


9. Melakukan Terapi Koqnitif

Jika cara cara di atas sudah sahabat lakukan namun belum memberikan hasil yang bagus, maka mau tidak mau, cara satu satunya untuk menghilangkan insomnia sahabat adalah dengan melakukan terapi koqnitif ke tenaga kesehatan profesional seperti psikiater, konselor ataupun psikolog.

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi insomnia para dengan cepat, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Buka Komentar