Tata Cara Mandi Wajib / Junub Bagi Wanita Maupun Laki Laki Menurut Islam

Tata Cara Mandi Wajib / Junub Bagi Wanita Maupun Laki Laki Menurut Islam

Tata Cara Mandi Wajib / Junub Bagi Wanita Maupun Laki Laki Menurut Islam


Mandi wajib atau yang lebih dikenal oleh sebagain masyarakat dengan mandi junub ataupun mandi besar merupkan hal yang wajib di lakukan oleh setiap umat muslim jika mereka melakukan hadast besar seperti :

Berhubungan suami istri, selesai haid bagi wanita, Selesai nifas, melahirkan, keluarnya mani bagi laki laki baik di sebabkan karena berhbungan badan, mimpi, ataupun sebab lainnya.

Oleh sebab itu sudah selayaknya kita umat islam mengetahui tata cara mandi junub ini agar kita bisa melakukan mandi besar dengan baik dan sesuai dengan tuntutan agam islam agar mandi kita syah dan di terima oleh ALLAH, sehingga kita bisa melaksankan ibadah yang lainnya dengan baik.

Karena jika mandi besar kita salah secara tata cara dan juga niatnya, maka bisa dipastikan ibadah ibadah fardhu kita yang lain seperti SHolat tidak akan di terima oleh ALLAH, karena salah satu syarat syah sholat adalah suci dari hadast kecil maupun besar.

Nah, berangkat dari hal itu maka pada kesempatan kali ini bangtresna ingin mengupas tuntas menganai cara mandi wajib ini agar kita bisa melakukannya dengan benar sesuai tuntunan agama islam.

Yuk Langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga : Mengenal nama nama bulan islam


Hal Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Mandi Wajib

Nah sebelum kita mebahas lebih jauh tentang mandi wajib ini, maka ada beberapa hal yang harus sahabat perhatikan yang sifatnya sangat penting untuk sempurnanya mandi besar kita diantarnya :

1. Memastikan Air Yang Kita Gunakan Suci Dan Mensucikan

Ini yang harus benar benar kita perhatikan, karena jika air yang kita gunakan tersebut suci tapi tidak bisa mensucikan maka mandi wajib kita tidak sah hukumnya.

Untuk itu sangat penting untuk kita mengetahui macam macam iar yang suci mensucikan dan juga air suci yang tidak bisa mensucikan ataupun air yang tidak suci.

Air yang suci dan mensucikan di antarnya.

Air laut, air hujan, air sungai. air sumur, air embun, air salju, dan juga air sumber.

Sedagkan Air yang suci dan tidak mesucikan adalah :

Air musta'mal

Yakni air dalam suatu wadah yang jumlahnya sedikit ( kurang dari 2 qullah / 200 liter ) kemudian sudah pernah di gunakan untuk berhadast seprti wudhu ataupun mandi, maka air tersbut hukumnya Musta'mal ( suci tapi tidak bisa mensuciakan ) dan tidak bisa di pakai untuk mandi wajib ataupun berwudhu untuk ke 2 kalinya.

Air Yang Berubah Warna, Rasa Dan Baunya

Yakni air yang suci namun sudah kecampuran sesuatu yang juga masih suci higga berubah warna , rasa dan baunya. contohnya seperti air kopi. air teh dll.

Untuk lebih jelas mengani air suci dan mensucikan ini sahabat bisa lihat materi yang di sampaikan oleh buya yahya berikut ini.


2. Mengetahui Hal Yang Wajib Dan Sunnah Dalam Mandi Besar

Mengetahui hal yang wajib dan sunnah dalam mandi besar ini juga sangat penting, sehingga sahabat bisa memahami dengan benar mana hal yang harus dilakukan dan tidak boleh di tinggalkan ketika mandi junub, dan mana yang di sunnahkan, sehingga di dalam melakukan mandi tidak sembarangan.

Berikut hal hal yang di wajibkan dalam mandi besar :

  • Niat
  • Membasuhkan air keseluruh anggota tubuh tanpa terkecuali
Berikut hal hal yang sunnah dalam mandi besar

  • Membaca Basmalah
  • Membersihkan telapak tangan
  • Memberishkan kemaluan
  • Berwudhu sebelum mandi
  • Mendahulukan bagian anggota tubuh yang kanan dari yang kiri
  • Menyela nyela jari, rambut dan bagian yang sukar terkena air agar bisa di pastikan semua teraliri oleh air

Tata Cara Mandi Wajib

Nah setelah kita mengetahui hal hal yang berkaitan dengan mandi wajib baik itu masalah air dan juga hal yang wajib dan sunnah, maka sebenarnya kita sudah dengan mudah bisa melaksankannya baik itu hendaknya melaksanakan yang wajibnya saja, ataupun menyempurnakan dengan melaksankan yang sunnahnya juga bisa.

Berikut Tata Cara Mandi Wajib Tersebut :

Niat

Yang di maksud niat di dalam hal ini tidak hanya melapadzkan niat mandi wajib seperti biasanya melainkan juga berniat dari hati kita hendak melaksankan mandi wajib ini karena Allah Swt.

Berikut niat dari mandi wajib tersebut :



Yang artinya : Aku Niat Mandi Wajib Untuk Menghilangkan Hadast Besar Fardhu Karena ALLAH SWT.

Menyiramkan Air Keseluruh Anggota Tubuh Tanpa Terkecuali

Setelah niat, maka kita langsung mandi dengan menyiramkan air keseluruh bagian tubuh kita tanpa terkecuali dari mulai setiap helain rambut, hingga seluruh tubuh kita dan juga kaki.

Dalam hal ini harus benar benar kita lakukan secara teliti dan hati hati agar tidak ada satupun anggota tubuh kita yang tertinggal dan tidak terkena air karena bisa menyebabkan tidak syahnya mandi wajib kita.

Dengan 2 cara di atas sebenarnya kita sudah syah dalam melaksakan mandi wajib, karena hanya hal tersebutlah yang di wajibkan.

Namun untuk lebih sempurna tidak ada salahnya kita juga melengkapi mandi wajib dengan hal hal yang di sunnahkan .

Berikut tata cara mandi besar lengkap dengan yang di sunnahkan

1. Niat

Sama seperti di atas

2. Membersihkan Kedua Telap Tangan

DImaksudkan agar tangan kita bersih dan suci sehingga air yang kita gunakan tidak tercemari najis ataupun kotoran yang ada di tangan

3. Mencucui Kemaluan

Dimaksudkan agar tidak ada sisa sisa kotaoran, ataupun air mani

4. Berwudhu

Berwudhu layaknya seperti keikta kita hendak sholat

5. Mendahulukan Anggota Tubuh yang kanan dari pada yang kiri

6. Mengguyur Air Keseluruh Anggota Tubuh Tanpa Terkecuali

7. Menyela nyela ataupun menggsok seluruh bagian tubuh agar terkena air secara merata

Artikel terkait : 6 perkara rukun iman beserta penjelasannya

Berikut penjelasan singkat dari ustadz abdul somad tentang mandi junub

Demikianlah penjelasan singkat kita tentang tata cara mandi wajib/ junub baik bagi laki laki maupun wanita semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.
Buka Komentar