Cara Mudah Membuat Artikel Di Blog Meskipun Tidak Paham Materinya

Cara Mudah Membuat Artikel Di Blog Meskipun Tidak Paham Materinya

Cara Mudah Membuat Artikel Di Blog Meskipun Tidak Paham Materinya


Salah satu kendala yang banyak di alami para blogger baru adalah susahnya membuat artikel karena tidak paham akan meteri yang akan mereka sajikan ataupun karena bingung dalam hal merangkai kata demi kata sehingga bisa menjadi suatu artikel yang enak dilihat dan di baca.

Itu wajar sebenarnya, karena memang menulis bukanlah perkara yang mudah, karena di perlukan, kreatifitas, imajinasi, serta ketepatan dalam memilih kata demi kata hingga bisa terangkai menjadi suatu kalimat yang baik dan enak di baca oleh para pembaca artikel kita.

Seperti yang dialami beberapa teman saya yang ingin belajar menjadi seorang blogger, hampir semua dari mereka mengaku kesulitan dalam hal membuat artikel dan mengaku bingung hendak membuat artikel apa.

Padahal sudah saya jelaskan sedemikian rupa, bahwa menulis artikel itu bisa berdasarkan pengalaman pribadi, ataupun bisa menulis hal hal yang kita sukai agar bisa dengan mudah membuat artikel, tapi tetap saja mereka merasa kesulitan dalam membuatnya.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagai tips cara mudah membuat artikel di blog meskipun tidak paham materinya, dengan harapan bisa membantu teman teman saya tersebut dan juga sahabat pembaca semua tentunya.

Dimana artikel ini saya buat berdsarkan pengalaman saya dahulu ketika di awal awal saya menjadi seorang blogger.

Berikut step by step cara mudah membuat artikel di blog tersebut :

1. Buat Judul Artikel Lebih Dahulu

Nah inilah langkah awal yang harus sahabat lakukan agar bisa dengan mudah membuat suatu artikel, kenapa harus buat judul lebih dahulu? karena dari judul inilah kita bisa mengembangkan lebih jauh menjadi sebuah artikel yang cukup panjang, dan dari judul inilah juga kita bisa menggambarkan alur artikel yang akan kita buat nantinya.

Misalnya seperti judul artikel ini adalah " cara mudah membuat artikel di blog meskipun tidak paham materinya" dari judulnya saja sudah sangat jelas bahwa artikel ini menjelaskan tentang langkah langkah dalam membuat suatu artikel di blog.

Berbeda jika saya kasih judul dengan " Membuat artikel di blog itu sangat sulit " maka isi dari artikelnya akan lebih mengarah kepada opini dan bukanya langkah langkah dalam membuat artikel.

So ! dengan membuat judul artikel di awal akan membantu memudahkan sahabat dalam penyusunan alur pembuatan artikel.

2. Cari Referensi Di Google

Nah, setelah judul artikel terbentuk, selanjutnya sahabat bisa mencari referensi di google, dengan cara mengetikkan judul artikel tersebut di pencarian google.

Maka akanada banyak sekali artikel yang masih berhubungan dengan judul yang sahabat buat tersebut.

Dari situ, silahkan sahabat baca satu persatu artikel tersebut, agar sahabat bisa lebih mudah lagi dalam menyusun kata demi katanya.

Yang terpenting disini jangan sampai sahabat melakukan copy paste terhadap artikel artikel yang ada tersebut sehingga bisa menimbulkan duplikat artikel yang bisa menyebabkan blog kita di deindex ataupun di blacklist oleh google karena pencurian konten.

3. Mulai Menulis

Nah setelah sahabat baca minimal 5 artikel yang berhubungan dengan judul artikel yang akan sahabat buat tersebut, maka segera tulis apa apa yang sudah sahabat baca tersebut dengan gaya bahasa sahabat sendiri.

Jika lupa, bisa baca lagi beberapa referensi yang sahabat baca tadi, kemudian barulah tulis kembali .

Dengan cara ini, jika sahabat lakukan secara konsisten maka saya yakin lama kelamaan sahabat bisa dengan mudah membuar artikel di blog sahabat nantinya.

Cara Mudah Lain Dalam Membuat Artikel Di Blog

Selain cara di atas, cara mudah lain dalam membuat artikel adalah dengan membuat rangkuman dari artikel yang ada di situs situs berita besar seperti detik.com, viva.co.id kompas.com dll, di sana ada banyak sekali berita yang bisa kita tulis ulang ataupun kita rangkum dengan gaya bahasa kita sendiri.

Cara ini bisanya di sebut dikalangan blogger sebagai rewrite ( tulis ulang ).

Ya, sebenarnya kurang bagus sih, namun untuk tahap pemula hal ini tidak masalah, untuk memancing daya imajinasi sahabat sehingga lambat laun sahabat bisa dengan mudah membuat artikel bahkan hanya dari sebuah status di media sosial.

Cara lainya sahabat bisa membuat artikel dengan cara mempelajari beberapa vidio dari youtube hingga sahabat bisa memahami, barulah kemudian sahabat buat menjadi sebuah artikel.

Demikianlah cara mudah membuat artikel di blog meskipun tidak memahami materinya semoga bisa memberikan manfaat buah sahabat semua.
Buka Komentar