Perbedaan Haji Dan Umroh Yang Harus Kita Ketahui

Perbedaan Haji Dan Umroh Yang Harus Kita Ketahui

Perbedaan Haji Dan Umroh Yang Harus Kita Ketahui

Apa perbedaan haji dan umroh? bagi sahabat yang memahami ilmu agama islam lebih dalam tentu bisa dengan mudah membedakannya, karena walaupun haji dan umroh ini merupakan ibadah yang sama sama di lakasankan di tanah suci mekkah,ada perbedaan yang sangat mendasar di antara kedua ibadah yang sama sama di peruntukan untuk orang yang mampu ini.

Namun buat sahabat yang mungkin kurang memahami dan kurang jeli, pastilah akan sulit menemukan perbedaan ibadah haji dan umroh ini, karena memang kedua ibadah ini sekilas terkesan sama, baik dari pelaksanaan dan juga tata cara ibadahnya.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, izinkan bangtresna.com untuk menjelaskan tentang perbedaan haji dengan umroh, agar jika sahabat nanti di tanya maka sahabat bisa menjelaskan secara mantap dan gambalang.

Berikut ini Perbedaan Antara Kedua Ibadah Ini :
Perbedaan Haji Dan Umroh


1. Berbeda Pada Waktu Pelaksanaanya

Ini adalah perbedaan yang paling mencolok antara ibadah haji dan umroh, karena seperti kita ketahui kalau ibadah haji itu waktunya sudah di tetapkan pada tanggal 10 bulan Zulhijjah atau yang lebih kita kenal dengan bulan haji, sehingga tidak bisa dilaksanakan di luar waktu tersebut dengan alasan apapun.

Nah sedangkan ibadah umroh, seperti kita ketahui bisa dilakukan kapan saja kita mau bahkan di bulan romadhon sekalipun. Dari sini sudah sangat jelas perbedaanya.

2. Perbedaan Pada Rukun Pelaksanaanya

Perbedaan dari haji dan umroh yang kedua adalah terletak pada rukun pelaksanaan haji dan umroh itu sendiri, dimana ibadah haji Rukun pelaksanaannya lebih lengkap dimulai dari Ihram, wukuf dipadang arafah, tawaf, sai, tahalul dan tertib. Sedangkan rukun ibadah umroh adalah Ihram, tawaf, Sai, tahalul dan tertib.

Dari situ sangat jelas bisa kita bedakan, bahwa ibadah haji haruslah di lengkapi dengan wukuf di padang arafah, sedangkan pada saat ibadah umroh kita tidak di wajibkan melakukan wukuf.

3. Perbedaan Pada Hukum Pelaksanakannya

Dan yang ke 3, perbedaan dari haji dan umroh adalah terletak pada hukum pelaksanaanya, dimana ibadah haji hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim yang mampu dan di beri harta yang lebih oleh Allah Swt baik untuk biaya berangkat dan untuk biaya keluarga yang di tinggilakan.

Sedangkan ibadah umorh sendiri hukumnya tidak wajib melain sunnah muakkad ( Ibadah yang di anjurkan) bagi orang orang yang mampun dan memiliki harta lebih serta sehat lahir batin.

Kalau Dari Segi Biayanya Giamana?


Kalau dari segi biaya sih, saya rasa tidak jauh berbeda ya karena itu semua tergantung dari paket ibadah yang kita ambil dan juga biro perjalanannya, dimana untuk haji tahun ini di tetapkan sebesar 35 jutaan sedangkan untuk umorh itu sendiri bervariasi tergantung dari paket umroh yang sahabat ambil yakni berkisar 21 juta hingga 35 juta. Jadi saya rasa untuk segi harga ini sulit untuk di bedakan.

Perbedaan yang mencolok lainnya paling bakalan kita temuka pada padatnya jamaah di tanah suci mekkah, dimana pada saat ibadah haji akan juah lebih padat di bandingkan dengan ibadah umorh, karena pada saat ibadah haji semua orang islam dari seluruh dunia melakukannya secara bersamaan, sedangkan ibadah umroh akan lebih lengang karena kita bebas memilih waktunya.

Namun perbedaan seperti ini bukanlah hal yang mendasar, karena yang paling penting untuk ita ketahuai perbedaan antara haji dan umroh adalah ketiga point di atas.

Demikianlah sedikit ulasan tentang perbedaan ibadah haji dan umroh, semoga bisa bermanfaat dan kita semua bisa di beri kemampuan untuk melaksanakannya
Buka Komentar