Teruntuk Sahabat Yang Ingin Menjadi Seorang Blogger Profesional

Teruntuk Sahabat Yang Ingin Menjadi Seorang Blogger Profesional

Teruntuk Sahabat Yang Ingin Menjadi Seorang Blogger Profesional

Dewasa ini blog sudah samakin populer, seiring dengan banyak lahirnya blogger blogger profesional yang banyak menginspirasi serta membuka mata masyarakat, terutama para generasi muda milenial bahwa memiliki sebuah blog itu memiliki banyak keuntungan. Yang tak hanya sekedar kegiatan tulis menulis dan berbagi cerita ataupun pengalaman layaknya buku harian.

Karena sejatinya blog kita sudah berevolusi dimana memiliki fungsi yang multifungsi karena bisa digunakan sesuai dengan si empunya blog itu sendiri dan juga bisa digunakan sebagai alat menghasilkan uang.

Baik itu untuk bisnis online, seperti ikut programa periklanan google adsense, affiliasi, cpa. Atau sebagai sarana jualan online, seperti jualan buku, baju, dropshipper atau hanya sekedar hobi sebagai tempat berbagi cerita dan mencurahkan isi hati kita, semua tergantung dari niat dan tujuan awal seseorang dalam memulai blog.

Nah, teruntuk sahabat yang ingin menjadi seorang blogger profesional, dalam hal ini berkarir di dunia blog dan ingin menjadikan blog sebagai profesi, maka saya ada sebait pesan yang ingin saya sampaikan.

Karena khusus untuk sahabat yang bertujuan menjadikan blog sebagai sarana bisnis dan pekerjaan itu ada tantangan tersendiri yang harus sahabat taklukan untuk bisa mewujudkannya.

Berbeda jika sahabat hanya ingin menjadikan blog sebagai hobi dan tempat berbagai cerita saja, maka tidak ada hal lain, yang harus sahabat lakukan hanyalah menulis, menulis dan menulis.

Namun, jika ingin menjadi seorang blogger profesional. lebih dari sekedar menulis ada banyak hal yang harus sahabat lakukan, agar bisa sukses, diantaranya seperti :
Cara Menjadi Blogger Profesional


1. Meluangkan Cukup Waktu Untuk Ngeblog

Membuat blog itu gampang, tak kurang dari 2 menit saja kita sudah bisa membuat sebuah blog gratis dari blogger.com. disinilah banyak yang terkecoh, karena saking gampangnya membuat blog tersebut, banyak yg menyepelakan dana menganggap gampang menjadi seorang blogger profesioanl itu.

Padahal, setelah blog kita jadi tersebut ada banyak hal yang harus kita pelajari lagi, seperti bagaimana mengganti template agar tampilan blog profesional, tata letak blog yang baik, bagaimana cara setingg SEO onpage di blog, yang semua itu butuh waktu ngeblog yang tidak sedikit.

Terutama buat kita yang benar benar baru dalam dunia internet marketing apalagi tidak mengenal seluk beluk komputer, maka waktu yang panjang akan sangat di perlukan.

Dimana waktu tersebut bisa kita gunakan untuk banyak belajar di komunitas blogger yang ada di somed ataupun forum online, melakukan praktek setiap tutorial yang ada di google ataupun mencoba melakukan otak atik template sendiri.

Baca juga : enjoy with blogging, jangan jadikan beban

2. Harus Menulis Setiap Hari

Layaknya menjadi seorang penulis buku dan novel, pekerjaan utama seorang blogger adalah menulis artikel lalu kita publikasikan di blog kita. Nah sebagai untuk sahabat yang masih baru belajar membuat blog namun punya keinginan untuk mejadi blogger profesional maka hal yang harus sahabat lakukan ada menulis setiap hari.

Kenapa ini harus dilakukan? fungsinya adalah agar blog sahabat cepat dikenal oleh searh engine seperti google, yahoo dan bing, yang merupakan sumber utama untuk bisa mendapatkan pengunjung blog yang cukup banyak, yang merupakan modal dasar agar bisa menjadikan blog kita kearah komersil, karena sebagus apapun blog kita, kalau pengunjungnya minim, maka kita tidak akan bisa mengkomersilkan blog tersebut.

Selain itu, kenapa saya anjurkan untuk menulis setiap hari, itu juga berfungsi sebagai latihan sahabat agar lambat laun bisa menghasilkan tulisan tulisan yang berkualitas dan bermanfaat bagi banyak orang.

Tanpa latihan setiap hari, maka sahabat akan sulit untuk bisa menulis dan merangkai kata dengan baik, dan juga butuh proses yang lebih lama lagi sebelum akhirnya bisa mendapatkan pengunjung.

Tapi Apa Yang Harus Di Tulis?

Ini adalah pertanyaan yang sering aku denger, baik itu di komunitas blogger, ataupun dari teman temanku sendiri yang baru saja ingin belajar ngeblog, entah mengapa seakan banyak yang menganggap bahwa menulis itu susah.

Padahal gampang banget sob, kalian bisa menulis tentang apa saja yang ingin kalian tulis, baik itu tentang kejadian yang baru saja kalian alami, atau tentang situasi dilingkungan kalian, tempat tempat favorit di kota kalian, apapun bisa kalian tulis di blog kalian, bebas tanpa batasan,selama tidak melanggar aturan yang di tetapkan oleh pemerintah.

Apalagi buat sahabat yang memiliki hobi, keahlian ataupun profesi dibidang tertentu, maka itu akan lebih gampang lagi, karena sahabat bisa menulis sesuai dengan hobi, keahlian dan profesi sahabat.

Misalnya sahabat berprofesi sebagai guru, maka sahabat bisa membuat artikel tentang materi pelajaran sekolah yang sahabat ajarkan kepada murid sahabat. 

Atau jika sahabat seorang montir atau punya keahlian di bidang bengkel, maka sahabat bisa dengan mudah membuat artikel ysng yang terksit dengan meksnikal. 

3. Banyak Membaca 


Membaca dan menulis itu seperti Romeo and Juliet, merupakan dua hal yang tak akan pernah terpisahkan, karena orang yang pandai menulis pastilah dia rajin membaca, dan orang yang rajin membaca pastilah pandai menulis. 

Kenapa? Karena antara menulis dan membaca itu terjadi korelasi antara keduanya, dgn rajin membaca maka akan memudahkan kita dalam menyusun kalimat dan merangkai kata, karena banyaknya kosa kata yang sudah terekam di otak kita,  begitu juga dengan rajin menulis sama artinya mengajak otak kita membaca dan mengingat kembali apa yang sudah pernah kita baca dan ketahui .

4. Jangan Fikirkan Tentang Seberapa Banyak Uang Yang Bisa Sahabat Dapat


Inilah banyak kesalahan para Blogger baru yang motivasi ngeblognya untuk menghasilkan uang, mereka banyak yang terlalu memikirkan seberapa banyak uang yang bisa mereka dapatkan dari blog. 

Sehingga yang ada di fikiran mereka adalah bagaimana caranya untuk bisa menghasilkan uang secepat mungkin tanpa memikirkan bagaimana cara mengasah skil mereka lebih dulu. 

Akibatnya baru beberapa bulan ngeblog sudah menyerah dan berhenti di tengah jalan karena tak kunjung bisa mendapatkan uang.

Baca juga : Gak usah malu menggunakan blog gratisan

5. Fikirkanlah Bagaimana Sahabat Bisa Mendatangkan Pengunjung Sebanyak Mungkin Di Blog Sahabat, Maka Uang Akan Datang Dengan Sendirinya

Yang perlu sahabat ingat selalu adalah, bahwa hal utama yang bisa menjadikan blog komersil adalah traffik, traffik, traffik, pengungung, pengunjung, pengunjung. baik nantinya sahabat akan memonetisasi blog dengan iklan google adsense, iklan mandiri, content placement, maka hal yang utama dilihat adalah seberapa banyak pengunjung blog kita.

Tanpa pengunjung, blog sahabat tak lebih hanya sekedar coretan coretan yang tak bermakna seperti buku tua yang tak ada lagi orang yang mau membacanya.

Untuk itu dari awal ngeblog, inilah yang harus sobat fikir, bagaimana caranya untuk bisa mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin. dan untuk mewujudkan hal itu diantarnya yang harus sahabat lakukan adalah.

Membuat Konten Yang Berkualitas

Ini adalah modal awal yang harus sahabat miliki, karena tanpa konten yang berkualitas maka usaha apapun nantinya yang akan sahabat lakukan maka akan sulit untuk bisa mendapatkan pengunjung loyal setiap harinya.

Berkualitas yang saya maksud adalah : tulisan harus buatan sendiri ( Bukan copy paste ), tulisan enak di baca, serta manfaat dari tulisan itu tersebut.

Mempelajari Seo

Kenapa harus mempelajari Seo? karena sumber pengunjung yang paling banyak adalah dari mesin pencari seperti google, untuk itu sebisa mungkin kita harus mengupayakan tulisan yang kita buat harus di sukai oleh google, dan itu artinya kita harus mempelajari SEO ( search engine optomation).

Karena dari sinilah kita bisa mengerti tentang bagaimana caranya melakukan riset kata kunci, penulisan judul artikel yang di sukai google, penulisan permalink dll.

Sebisa mungkin sahabat harus mempelajari SEO ini dari dasar dan dari sumber sumber yang bisa dipercaya, karena banyak ilmu SEO yang beredar di google itu justru sudah tidak berlaku dan memperlambat perkembangna blog sahabat.

Mempromosikan Konten

Karena blog kita masih baru, tentu tidak akan ada yang mau mengunjunginya, karena tidak ada orang yang tau akan keberadaanya, untuk itulah kita yang harus berperan aktif untuk mempromosikannya agar blog kita itu bia dikenal oleh khalayak luas.

Salah satunya caranya dengan mempromosikannya di media sosial seperti facebook, twitter, google+ dam juga forum forum online lain yang ada diinternet.


6. Sabar

Hal hal yang saya jabarkan diatas tentu tidaklah mudah untuk dilakukan bagi sahabat yang masih baru, namun disitulah kenyataanya, tidak ada yang mudah untuk menggapai kesuksesan didunia ini, apapun itu jenis pekerjaan dan profesianya.

Maka dari ini kesabaran akan sangat penting disini, karena tanpa kesabaran yang tinggi saya yakin sahbat tidak akan bisa sukses di blog, karena hampir semua mereka yang sukses adalah mereka mereka yang sabar.

Jika sahabat membaca profik profil para blogger sukses, maka sahabat akan menemukan lika liku yang panjang sebelum akhirnya mereka bisa merasakan kesuksesan.

7. Jangan lupa berdoa dan tawakkal kepada Allah

Seberapa keraspun usaha kita, dan seberapa besarpun keinginan kita, kalau Tuhan tidak mengijinkan maka itu akan mustahil jadinya, untuk itu jangan lupa berdoa dan tawakkal kepada ALLAh swt terhadap apa saja yang kita lakukan, karena semua didunia ini adalah atas Kuasanya.
Buka Komentar