Tempat Tempat Wisata Di Pangkalan Bun Yang Bisa Kita Kunjungi Bersama Keluarga

Berbicara tentang kota pangkalan bun? mungkin masih banyak masyarakat indonesia yang belum mengetahuinya.

Karena memang pangkalan bun hanya sebuah kota kecil yang terdapat di kalimanatan tengah, tepatnya di kabupaten kotawaringin barat.

Namun jika sahabat ingat akan tragedi mengerikan jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501, maka sahabat tentu akan ingat tentang pangkalan bun yang menjadi lokasi di temukannya pesawat tersebut.

Karena pada saat itu hampir semua sotor mata dunia tertuju ke teluk kumai yang merupakan pintu gerbang menuju ke kota pangkalan bun melalu jalur air atau pelabuhan PELNI.

Tapi apa ada tempat wisata di pangkalan bun yang menarik?

Nah inilah yang akan saya sajikan pada kesempatan kali ini, kita akan menjelajak lebih jauh tempat wisata di pangkalan yang ternyata juga banyak memiliki tempat wisata yang cukup menarik untuk kita explore lebih jauh.


1. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan tempat wisata di pangkalanbun yang paling populer dan paling mengasyikkan.

Kenapa ?

Karena di sini sahabat akan merasakan sensasi perjalan seperti sedang bepetualang di atas sungai amazon dengan menggunakan kelotok, di mana jika beruntung di sepanjang perjalanan kita akan bertemu dengan spesies endemik kalimantan seperti bekantan dan kelasi.

Serta ada juga beraneka ragam jenis burung ( baik residen atau migratory ) dan ikan duyung ( dugon dugon ).

Bukan hanya itu saja, di sini juga terdapat lebih dari 600 jenis pohon, 200 jenis anggrek, 28 spesies mamalia besar, 9 spesies primata dan lebih dari 250 spesies burung.

Dan yang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan adalah, kita akan di ajak melihat habitat asli Orang Utan di hutan hujan tropis yang hidup bersama dalam satu kawasan bersama dengan primata dan satwa liar lainnya. 

Kegiatan ini sudah sangat mendunia lho sahabat, di mana setiap pekannya Tanjung Puting hampir tidak pernah sepi dari wisatawan manca negara.

Wisata Di Pangkalan Bun

Tempat Tempat Yang Bisa Di Singgihai Di Tanjung Puting

1. Tanjung Harapan

Letaknya di zona pengembangan Taman Nasional Tanjung Puting, dimana sangat cocok untuk kegiatan ekowisata, yang di lengkapi dengan pusat informasi, menara ovservasi, guest house, dan di sini juga di adakan makan orang utan di sore hari.

2. Pondok Tanggui

Masih di dalam zona yang sama, pondok tanggui di tetapkan khusus sebagai program anakan orang utan dan semi-liar rehabilitasi.

Di sini pemberiaan makan orang utan di pagi hari tepat jam 9 pagi.

3. Pesalat Daerah Reboisasi

Disini adalah zona reboisasi yang di khususkan untuk program reboisasi , dimana setiap pengunjung yang berkunjung di sini akan di beri  tanaman untuk sama sama menanam pohon yang sudah di sediakan .

Dimana di setiap pohon akan di tempelkan papan nama yang di beri nama orang yang menanamnya.

Menarik bukan.

4. Camp Leake

Di sini merupakan pusat penelitian orang utan dan pusat rehabilitasi orang utan dimana di sini kita akan menemukan orang utan liar dan setengah liar.


2. Gosong Senggora Pangkalan Bun

Gosong Senggora Pangkalan Bun

Tempat wisata di pangkalan bun yang kedua adalah Gosong yang merupakan pesona wisata alam bawah lautnya.

Namun sayang tempat wisata gosong ini masih belum di kelola dengan baik oleh pemerintah setempat, padahal tempat ini sangat indah dan sangat potensial untuk di jadikan tempat wisata andalan selain Taman Nasional Tanjung Puting.

Bahkan menurut seorang dosen fakultas perikan dan ilmu kelautan Universitas Lambung mangkurat banjarmasin.

Taman bawah laut gosong senggora kumai jika di kelola dengan baik akan bisa menyaingi taman bawah laut wakatipi sulawesi tenggara.

Karena di sini juga banyak terdapat beberapa sepesies ikan terumbu karang dan juga beberapa jenis kerang langka sepert.i 

Pantai Keraya
Himerometra robustipinna
Teluk Bogam
Himerometra robustipinna

Serta terdapat juga hewan lamun dan penyu, di tambah lagi hamparan pasir putih senggora yang sangat lembut dan indah, menjadi tempat yang layak untuk kita explore lebih jauh.

3. Istana Kuning Pangkalan Bun

Istana Kuning Pangkalan Bun

Jika kita pergi ke pangkalan bun maka tak lengkap rasanya jika kita tidak berkunjung ke istana kuning yang merupakan istana peninggalan kerajaan kutawaringin yang masih tersisa.

Dimana walaupun istana kuning yang ada sekarang bukanlah istana peninggalan istana yang asli ( karena patahun 1986 dulu pernah terbakar ) .

Namun istana kuning yang sekarang tetaplah menarik yang untuk di kunjung karena sudah di bugar kembali dan di bangun semirip mungkin dengan aslinya menggunakan kayu ulin yang terkenal sebagai kayu besi yang sangat kuat hingga ratusan tahun tanpa di makan rayap.

Di sekitar istana kuning juga masih banyak tinggal keturunan keluarga kerajaan yang bisa kita datangi untuk menanyakan tentang sejarh istana kuning di pangkalan bun.

Baca juga : Rumah Adat Kalimantan Tengah Dan Ciri Cirinya.


4. Pantai Kubu Pangkalan Bun Kalteng

Pantai Kubu Pangkalan Bun Kalteng

Wisata di pangkalan yang ke 4 adalah pantai kubu.

Yang merupakan daerah pesisir pantai teluk kumai yang langsung menghadap ke laut jawa, di sini kita bisa menikmati semilir angin sepoi sepot sambil duduk duduk santai di tempat duduk yang sudah di sediakan.

Ataupun bisa juga sambil menikmati air kelapa muda yang banyak di jajakan oleh masyarakat setempat di sekitar pantai kubu ini.

Di pantai kubu ini juga ada jembatan yang terbuat dari kayu ulin ( kayu Besi ) yang menjork ke tengah pantai untuk tempat kita bersantai santai.

Ya meskipun pantainya tidak seindah di gosong, namun pantai kubu tetap layak koq untuk kita kunjungi jika ke pangkalan bun.

Di sekitar pantai kubu ini juga merupakan perkampungan nelayan, jadi selain sahabat bisa berwisata, sahabat sekaligus juga bisa membeli ikan ataupun udah langsung dari nelayan setempat, yang tentunya harganya jauh lebih murah dari harga pasaran.


5. Pantai Tanjung Penghujan

Pantai Tanjung Penghujan

Lokasinya sedikit lebih jauh dari panti kubu, namun pantai tanjung penghujan jauh lebih bersih dan jernih di bandingkan pantai kubu.

Di tambah lagi hamparan pasir putihnya yang luas membuat tanjung penghujan sangat nyaman untuk kita bersantai dan menikmati semilir angin pantai yang bisa menghilangkan penat dari hiruk pikuk kegiatan sehari hari.

Namun jika sahabat pergi kesini lebih baik membawa bekal sendiri dari rumah, karena lokasi warung makanan di sini sedikit jauh jika di tempuh dengan jalan kaki.

Selain bersanti kita di sini kita juga bermain di pinggir pantai sambil mencari Lokan ( sejenis kerang ) yang juga banyak terdapat di sini pada saat air laut sedang surut.


6. Pantai Bogam

Pantai Bogam

Letaknya tak jauh dari pantai tanjung penghujan, pantai bogam juga merupakan salah satu tempat wisata di pangkalan bung yang bisa kita kunjungi jika sahabat pergi berlibur kesini.

Di pantai bogam ini kita bisa bersantai sambil menikmati hamparan pasir putih yang sangat luas dan indah yang di hiasi oleh pohon pohon beringin yang bisa kita gunakan untuk berteduh.

Bagi sahabat yang hobi memancing, di pantai bogam ini juga bisa kita jadikan spot memancing yang asyik, karena juga banyak terdapat jenis ikan laut.

Jadi, sambil menikmati keindahan pantai, sambil juga menyalurkan hobi memancing kita di sini.

Demikianlah tempat tempat wisata di pangkalan bun yang bisa kita kunjungi jika pergi kesini jangan lupa baca juga : Senjata tradisional kalimantan tengah yang bisa sobat jadikan cindera mata ketika pulang ke kampung halaman.

SIlahkan berkomentar yang bijak
EmoticonEmoticon