Dasar Ilmu Bisnis Yang Harus Kita Miliki Jika Ingin Jadi Pebisnis Sukses

"Barang siapa ingin meraih kebahagian di dunia, maka harus tahu ilmunya, dan barang siapa ingin meraih kebahagian di akhirat maka harus tahu ilmunya".

Begitulah penggelan hadist yang menunjukan betapa pentingnya ilmu, dan peranannya terhadap kesukesan yang akan kita dapatkan di dunia maupun di akhirat.

Tak terkecuali untuk menjadi seorang pebisnis sukses, maka lebih dulu kita harus tahu ilmu menjadi orang yang sukes dalam berbisnis tersebut.

Tanpa mengetahui dasar dari ilmu bisnis, maka mustahil kita akan meraih kesuksesan, karena tanpa ilmu yang benar maka kita akan terombang ambing tanpa arah, sehingga akan sulit bagi kita untuk meraih kesukesan.

Bahkan di dalam suatu hadistpun di sebutkan : berfatwa tanpa ilmu adalah sesat menyesatkan.

Jadi, jika kita ingin sukses menjadi seorang pebisnis wajib bagi kita untuk mengetahu dasar dasar dari ilmu bisnis yang bisaa di lakukan oleh para pebisnis yang telah sukses.

Dan untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagai sedikit dasar dalam ilmu bisnis yang harus kita miliki jika ingin jadi pengusaha sukses.
ilmu bisnis

1. Percaya Terhadap Diri Bahwa Kita Mampu Menjalankan Bisnis Yang Sedang Kita Bangun

Ini adalah ilmu bisnis yang pertama yang harus di miliki seorang calon pebisnis, karena tanpa rasa peracaya terhadap dirinya sendiri bahwa dia mampu, lantas bagaimana dia bisa meraih kesukesan terhadap bisnis tersebut.

Karena tentu semua yang di lakukannya akan penuh keraguan dan penuh ketidak yakinan, sehingga bisnis apapun yang dia lakukan selalu mengalami kegagalan, karena dia sendiri tidak yakin terhadap dirinya.

Itulah mengapa kalau sobat perhatikan banyak terjadi di masyarakat, bisnis yang mereka jalankan sama, produknya juga sama, dan cara menjalankannyapun sama, tapi mengapa hasilnya berbeda.

Salah satu penyebabnya adalah, karena banyak di antara mereka yang tidak yakin terhadap dirinya, sehingga dia mudah menyerah dan apapun yang dilakukannya selalu merasa salah.

2. Tidak Mudah Menyerah

Ini juga ilmu yang harus di miliki oleh para calon pebisnis jika mereka ingin sukses.

Kenapa? karena tidak ada satupun kesuksesan dalam berbisnis itu yang bisa di raih dengan mudah dan secara tiba-tiba, melainkan dengan proses yang cukup panjang serta kesabaran dalam menghadapi rintangan.

Sebut saja seperti almarhum Bob Sadino, sebelum beliau menjadi seorang pengusaha sukes beliau harus mengalami pahit getirnya kehidupan dan harus merintis dari awal.

Dari mulai menjadi kuli bangunan, menjual mobil, sampai harus menjajakan dagangannya dari rumah kerumah, sebelum akhirnya dia menjadi salah satu pengusaha paling sukses di indonesia.

Dan semua itu dia jalani dalam jangka waktu yang tidak sebenetar, kalau seandainya dia tidak memiliki jiwa yang kuat dan mudah menyerah, maka mustahil beliau akan menjadi seorang pebisnis yang sukses.

3. Banyak Praktek Dari Pada Teori

Teori itu memang penting tapi yang jauh lebih penting itu adalah praktek.

Kenapa?

Karena tidak selamanya teori dan pengalaman orang lain itu sama dengan yang akan kita lewati nanti, meskipun mungkin bisnis yang akan kita jalani sama.

Hal ini terjadi karena banyak faktor yang bisnis mempengaruhinya seperti, lingkungan sekitar, kemampuan analisa kita. waktu, mindset dan masih banyak lagi yang lain, yang hanya bisa ita dapatkan dengan cara praktek secara langsung.

Jadi, kalau kita ingin sukses maka perbanyaklah praktek, dan belajarlah dari parktek- paraktek yang sudah kita lakukan tersebut.

Karena jika hanya teori saja, sampai kapanpun maka kita tidak akan pernah berhasil.

4. Jujur

Dalam berbisnis, pasti kita akan berhubungan dengan orang lain, entah itu sebagai relasi bisnis ataupun sebagai custumer dan influancer.

Untuk itu, jujur adalah sifat dan ilmu yang harus kita miliki, agar kita bisa meraih kesuksesan dalam bisnis.

Karena sudah bukan rahasia lagi. orang yang jujur akan mudah mendapatkan kerpercayaan dari orang lain, dan begitu juga sebaliknya.

5. Manajemen Keuangan Yang Baik

Seperti kata pepatah, Seberapa besarpun pemasukan yang akan kita dapat, kalau kita tidak bisa mengelolanya maka akan habis jua pada akhirnya, tapi sebaliknya sekecil apapun pemasukan yang kita dapatkan kalau kita bisa mengelolanya, maka suatu saat akan menjadi besar juga.

Untuk itu ilmu manajemen keuangan merupakan hal yang wajib untuk kita kuasai agar kita bisa sukses dalam berbisnis.

Karena walau bagimanapun, dalam bisnis pasti akan selalu berhubungan dengan pengelolaan keuangan.

Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, maka semua akan sia- sia.

6. Strategi Pemasaran Yang Tepat

Yang terakhir ilmu bisnis yang harus kita miliki adalah strategi pemasaran yang tepat, karena pemasaran merupakan ujung tombak dari semua bisnis. apapun bisnis tersebut.

Tanpa pemasaran yang baik maka tidak akan menghasilkan penjualan yang baik, dan artienya tidak akan mendapatkan laba yang baik juga.

Untuk itu jika kita ingin menjadi pebisnis yang sukses maka kita harus bisa menguasai strategi pemasara yang tepat.

Demikianlah sedikit tentang dasar ilmu bisnis yang harus kita miliki jika ingin sukses menjadi seorang pebisnis.

SIlahkan berkomentar yang bijak
EmoticonEmoticon