Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Bambu Dengan Mudah Dan Gak Ribet

Membuat miniatur rumah adalah salah satu kerajinan tangan yang paling banyak dicari para pengrajin pemula. 

Karena sulitnya mencari tutorial bergmbar maka banyak yang langsung mencari videonya di youtube. Nah buat kamu yang ingin lebih mudah dalam memahami cara membuat miniatur rumah dari bambu ini, kamu bisa langsung cari di youtube. 

Tapi, jika ada kendala yang membuat kamu gak bisa buka youtube, mending ikutin cara dibawah ini.

Memberi penjelasan tentang cara membuat miniatur rumah dari bambu memang perlu sebuah gambaran agar sipembaca mudah menemukan ide sehingga tidak sulit untuk mempraktikannya. 

Jadi saya akan mencoba menerangkan dan memberi beberapa gambar dalam proses pembuatan miniatur rumah dari bambu agar kamu lebih mudah memahami apa yang saya jelaskan.
Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Bambu
Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Bambu
Oke, langsung aja ya. Sebelumnya kamu harus siapkan alat dan bahan yang diperlukan sebelum proses pembuatan miniatur rumah dari bambu ini.

Alat dan Bahan Pembuatan Miniatur Rumah Dari Bambu

Untuk alatn membuat miniatur dari bambu berupa;
  • Pisau Besar (untuk memotong dan membelah bambu)
  • Pisau Kecil (untuk mengukir bambu)
  • Penggaris
  • Pensil
  • Lem Tembak/Lem Alteko.
Dan untuk bahanya berupa;
  • Bambu (secukupnya).

Langkah - langkah Membuat Miniatur Rumah Dari Bambu

1. Langkah pertama adala memotong bambu sehingga berbentuk menjadi sebesar supit atau sedotan sebanyak mungkin. Langkah pertama ini paling banyak menghabiskan waktu dan tenaga (sabar ya).

2. Setelah potongan bambu yang dibuat sebesar supit dikira sudah cukup banyak, saatnya memulai menyusunnya menjadi miniatur rumah. Pertama rakitlah potongan tersebut menjadi seperti gambar berikut;

Baca juga : Cara membuat keset dari kain bekas

3. Setelah tersusun seperti gambar diatas, selanjutnya mulailah merakit menjadi sebuah lantai beserta dinding dinding rumah. Jangan lupa untuk memberi pintu dan jendela agar terlihat seperti rumah sungguhan. Perhatikan gambar berikut;


4. Jika dinding sudah terbentuk di bagian depan dan sampingnya, sekarang buatlah bagian lantai atas (karena dalam tutrial gambar ini kita akan membuat miniatur rumah tingkat dua). Beserta tangganya.


5. Jika tangga dan lantai sudah terlihat sempurna, buatlah dinding bagian belakang dengan aksesoris jendela yang bagus.


6. Kemudian saatnya memberi atap. Di sini atapnya tidak berbentuk segi tiga atau kuncup sebagaimana rumah tradisional, melainkan hanya berbentuk datar. Ini akan terlihat sangat mewah jika ada bangunan lagi diatas atap. Perhatikan gambar berikut;


7. Jika kamu ingin opsi lain, kamu tinggal merubah atap di bangunan yang atas. Sehingga menjadi seperti ini;


Itulah sedikit penjelasan tentang cara membuat miniatur rumah berbahan bambu. Buat kamu yang menyukai kreatifitas mulailah untuk mengembangkan model rumah selain yang ada digambar tersebut.

SIlahkan berkomentar yang bijak
EmoticonEmoticon