Destinasi Tempat Wisata Di Tenggarong Ini Tidak Kalah Menarik Dengan Wisata Kalimantan Lainnya

Destinasi Tempat Wisata Di Tenggarong Ini Tidak Kalah Menarik Dengan Wisata Kalimantan Lainnya

Destinasi Tempat Wisata Di Tenggarong Ini Tidak Kalah Menarik Dengan Wisata Kalimantan Lainnya

Seperti kita ketahui pariwisata di kalimantan yang populer, masih di dominasi oleh tempat wisata di kota kota terkenal seperti balikpapan, karena minimnya imformasi tentang tempat tempat wisata di kota lainnya di kalimantan.

Padahal ada banyak sekali di daerah lainnya di kalimantan yang juga tak kalah menariknya untuk di kunjungi, seperti wisata di tenggarong kaltim.

Yang juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah menariknya dengan wisata kaltim lain, yang bisa menjadi tempat kita untuk mengexplor indonesia lebih jauh lagi.

Apalagi, kota tenggarong merupakan ibukota dari kabupaten kutai kartanegara yang dulunya merupakan Kerajaan kutai kartanegara, salah satu kerajaan tertua di kalimantan.

Tentu selain banyak tempat menarik yang bisa di kunjungi, juga banyak peninggalan peninggalan sejarah kerajaan yang kita gali lebih jauh lagi.

Mau tau apa saja tempat wisata di tenggarong tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini :


1. Ladaya Tenggarong

wisata tenggarong ladaya

Ladaya tenggarong merupakan tempat wisata tenggarong yang paling populer, karena di sini terdapat beberapa wahana menarik yang bisa kita kunjungi bersama keluarga maupun teman seperti rumah rumah odah rehat,mini zooo, paint ball dan masih banyak lagi tempat lainnya yang menarik .

Yang mana, ladaya ( Ladang Budaya ) ini memiliki luasa sekitar 12 ha dengan pemandangan yang sejuk dan masih sangat alami.

Sungguh tempat yang sangat menarik dan jangan sampai sahabat lewatkan jika pergi berlibur ke tenggarong.

Untuk tarif tiket wahana di ladaya ini sendiri terbilang murah yakni hanya Rp.10.000 untuk dewasa dan Rp.5000 untuk anak anak dan untuk menginap di rumah odah rehat tarfinya antara Rp 200.000 hingga Rp.300.000.

Jadi sahabat gak perlu khawatir kantong akan bolong jika kalian pergi kesini.

2. Pulau Kumala

Pulau Kumala Tenggarong

Pulau yang terletak di tengah tengah sungai mahakam ini dulunya hanyalah pulau tak berpenghuni yang penuh dengan semak belukar dan pepohonan.

Namun siapa sangka setelah di poles dan di lengkapai dengan beberapa fasilitas yang menarik oelh pemerintah kutai kartanegara, pulau kumala menjadi salah satu tempat wisata andalan di tenggarong.

Bahkan sekarang, bagi pejalan kaki sudah ada jembatan penghubung ke pulau kumala yang di beri nama jembatan Repo Repo yang di resmikan pada maret 2016 tahun lalu.

Apa yang menarik dari tempat wisata tenggarong yang satu ini?

Di sini kita kan di sajikan berbagai wana permainan layak kita sedang berada di anco jakarta, namun dengan pemandangan borneo yang khas tentunya.

Wahana permainan yang bisa kita nikmati antara lain seperti : Kereta gantung, kereta api mini untuk mengelilingi pulau, kemedi putar, gokart, bombom cart, dan jet coaster dan masih ada lagi beberapa wahana lainnya yang menarik.

Jika sahabat penasan datang langsung ya ke tenggarong kaltim.

3. Museum Mulawarman 

Museum Mulawarman

Wisata tenggarong selanjutnya adalah museum mulawarman yang merupakan istana kesultanan kutai kartanegara yang di bangun pada tahun 1963 sebagai pengganti istana kesultanan sebelumnya yang terbakar yang di resmikan pada tanggal 25 november 1971.

Dimana di dalam museum ini teradapat benda benda sejarah penginggalan kesultanan seperti singasana, tempat peraduan, pakaian kebesaran, meriam dan banyak lagi benda benda bersejarah lain yang bisa kita temukan di sini.

Jadi museum mulawarman ini wajib menjadi salah satu tujuan wisata di tenggarong kutai kartanegara.

4. Rumah Adat Suku Kutai

Wisata kutai kartanegara selanjutnya ada rumah adat suku kutai yang bisa kita temukan di Podok Labu, yang merupakan sebuah perkampungan suku dayak benuaq yang terletak sekitar 25 kilometer dari kota tenggarong.

Di perkampungan ini kita bisa dengan mudah menemukan rumah adat Suku kutai kartanegara (Lamin ) yang terbuat dari kayu.

Dan di perkampungan ini juga  hampir setiap tahunnya di adakan upacara adat suku daya benuaq seperti ngugnu tuhan.

So !! bagi sahabat yang suka berwisata sejarh jangan lupa berkunjung ketempa ini ya.

5. Museum Kayu Tenggarong

Sesuai dengan namanya di museum kayu tenggarong ini kita bisa menemukan beranega ragam jenis kayu kayu yang ada di kalimantan kurang lebih ada 200 buah koleksi kayu kalimantan.

Namun tak hanya itu saja di museum ini juga terdapat koleksi jenis daun kayu yang di keringkan, biji bijian dan beberapa kerajinan dayak yang khas seperti Mandau, ukiran dayak yang terbuat dari kayu ulin, miniatur rumah khas dayak.

Dan yang paling menarik dari museum kayu tenggarong ini adalah adanya 2 buaya muara yang di awetkan, jantan dan betina.

So !! tempat ini sangat cocok sebagai tempat wisata edukasi, bagi sahabat yang ingin membawa anaknya pergi berwisata ke tenggarong kaltim.

6. Planetarium Tenggarong

Planetarium Tenggarong

Tak jauh dari museum mulawarman juga ada sebuah tempat wisata edukasi yang menarik yaitu planetarium tenggarong yang merupakan tempat untuk menikmati keindahan alam semesta berupa bintang, planet dan objek langit lainnya melalui sebuah teater.

Tentu bakalan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan bagi anak anak dan bisa menjadi sumber pengetahuan yang bagus tentang tata surya dan alam luar angkasa.

ALamat planetarium ini di Jalan Pangeran Diponegoro, panji, tenggarong kutai kartanegara
Phone : 082310107744.

Dan untuk tiket masuk planetarium ini sebesar Rp.7500 untuk dewasa serta Rp.5000 untuk anak anak.

7. Desa Brubus

Merupakan bekas pusat pemerintahan kerajaan kutai martadipura yang tekenal dengan raja Mulawarman.

Di sini kita bisa menjumpai peninggalan peninggalan kerajaan hindu terua di indonesia seperti batu kepala babi, lesong batu, kubu kubu kuno dan lainnya.

Jadi desa ini kaya akan sejarah bukti kejayaan kerajaan kutai di masa lalu, letaknya sekitar 48 mil dari kota Tenggarong.

8. Air Terjun Bukit BIru

Air terjun bukit biru tenggarong

Meskipun airnya tak sebanyak air terjun di daerah pegunungan, namun air terjun bukit biru tenggarong cukup bisa memuaskan dahaga kita untuk melihat dan merasakan sejuk air di bebatuan.

Tak banyak memang yang mengulas tentang air terjun bukit biru ini karena memang air terjun ini masih kurang menapatkan perhatian dari pemerintah setempat.

Sehingga tidak ada sarana dan prasarana yang memadai dan untuk mendatangi air terjun inipun bisa di bilang cukup sulit.

9. Jam Bentong Tenggarong


Jam bentong tenggarong

Jam bentong merupakan icon kota tenggarong yang berasal dari bahas tenggarong bentong ( besar ).

Yang merupakan tempat imformasi kota dan wisata yang lengkap dan menarik yang di kelilingan taman yang rapi.

Di sini kita bisa dengan mudah menemukan informasi tentang pariwisata kukar muali dari informasi tertulis dalam bentuk brosur hingga berupa vidio dan replika situsnya.
.
So !! sebelum kita menjelajah tempat wisata di tenggarong, kita wajib mengunjungi jam gentong ini lebih dulu, agar informasi wisata yang kita dapatkan bisa lebih akuran.

10. Kedaton Kutai Kartanegara

Kedaton kutai kartanegara

Merupakan istan milik sultan kutai kartanegara yang terletak di pusat kota tenggarong yang selesai di bangun pada tahun 2002 berteoata dengan di hidupkannya kembali kesultanan kutai kartanegara.

Tempat ini di fungsikan sebagai kantor lembaga kesultanan dan tempat pelaksanaan acara seremonial oleh sultan.

Di dalam kedaton ini kita akan menemukan ukiran yang berisi khas dayak kutai, dayak dan jawa yang menunjukan hubungan eras kesultanan kutai dengan kesultanan di jawa.

Demikianlah tempat wisata di tenggarong yang bisa kita kunjungi dan tak kalah menarik dengan tempat wisata kalimantan yang lainnya.
Buka Komentar