Makanan Apa yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi

EKokodok - Seperti yang kita para wanita ketahui bahwasanya ketika menstruasi wanita itu merasakan sakit seperti nyeri,sakit perut yang amat sakit.  Dan tak jarang wahwasanya adapula yang merasakan kembung, mual-mual, pusing dan lain sebagainya.

Setelah diteliti, ternya gejala-gejala diatas dipengaruhi oleh asupan gizi yang kita makan. Adapun untuk mengurangi gejala-gejala diatas, sebaiknya and apara wanita menghindari beberapa hal dibawah ini.

Menstruasi
Makanan Apa yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi

Beberapa jenis makanan ini yang harus Anda hindari ketika menstruasi

1. Kafein

Hindari segala jenis minuman berkafein. Bila Anda mengonsumsinya, pembuluh darah Anda akan menyempit dan tubuh Anda akan mengalami dehidrasi. Hal itu dapat mengakibatkan Anda mengalami sakit kepala dan merasa lebih gugup.

2. Makanan berkadar gula tinggi


Permen dan soda adalah jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak, terutama selama periode menstruasi. Sebab, jenis makanan tersebut dapat menyebabkan kadar gula dalam darah melonjak dan mempengaruhi tingkat emosi. Anda lebih mudah tersinggung dan merasa lesu.


3. Makanan yang dipanggang


Salah satu cara terbaik untuk mengurangi rasa kram dan nyeri selama menstruasi adalah dengan tidak mengonsumsi jenis makanan panggang. Mengapa? Karena di dalam makanan panggang terkandung lemak trans dalam jumlah yang besar. Kandungan itu dapat meningkatkan kadar estrogen yang akan membuat rahim Anda mengalami kram dan terasa sakit.


4. Makanan olahan


Makanan kaleng, menjadi salah satu jenis makanan olahan yang harus Anda hindari ketika menstruasi. Sebab, di dalamnya selalu ada kandungan sodium dan natrium yang dapat menyebabkan terjadinya retensi air dan membuat tubuh Anda membengkak.


5. Biji olahan



Pasta, nasi putih, dan roti adalah hasil dari gandum yang telah diolah. Setelah menjalani pengolahan, hampir semua kandungan nutrisi yang ada di dalamnya hilang. Akibatnya, kadar gula darah Anda menjadi tidak stabil dan dapat menyebabkan Anda mengalami kram saat menstruasi.


6. Makanan yang digoreng


Semua jenis makanan yang telah digoreng terlebih dahulu memiliki kadar lemak dan minyak yang tinggi. Hal itu akan menyebabkan kadar estrogen dalam tubuh mengalami peningkatan. Oleh karena itu, makanan seperti kentang goreng, ayam goreng, onion ring, dan sebagainya, harus Anda hindari. Dengan begitu, kondisi rahim Anda menjadi lebih stabil, risiko kram dan nyeri pun dapat diminimalisir. Namun, Anda masih bisa mengkonsumsi jenis makanan ini bila mereka digoreng dengan menggunakan minyak hewan atau minyak sayur.



Itulah beberapa gejala yang perlu wanita hindari ketika menstruasi. Setalah anda membaca artikel ini diharapkan anda bias menjaga berbagai makanan yang dimakan ketika menstruasi. Sekian dari septy, semoga bermanfaat untuk kita semua.

SIlahkan berkomentar yang bijak
EmoticonEmoticon