Contoh dan Hukum Bacaan Mad Wajib Muttasil

Mad Wajib Muttasil - Masih membahas seputar ilmu tajwid tentang hukum bacaan mad, Jika sebelumny kita sudah membahas pembagian dan macam-macam tajwid secara singkat, kali ini kita akan membahas tuntas satu persatu. 

Jika sebelumnya kita membahas contoh, pengertian serta hukum mad iwad dan mad arid lissukun , kali ini kita akan membahas mad wajib muttasil.

Untuk kembali mengingat macam-macam mad, kita bisa lihat tabel berikut ini:
Mad Wajib Muttasil
Mad Wajib Muttasil
Dari tabel diatas kita bisa mengetahui secara gamblang pembagian hukum bacaan mad. Nah untuk mad wajib muttasil yang akan kita bahas kali ini masuk katergori cabang dari mad far'i. Bagi kamu yang ingin memahami lebih jauh tentang pembagian-pembagian hukum bacaan mad silahkan baca: Pembagian Mad Dan Contohnya.

Contoh dan Hukum Bacaan Mad Wajib Muttasil
1. Pengertian dan Hukum Bacaan Mad Wajib Muttasil
Secara bahasa mad ertinya panjang, wajib artinya harus/diharuskan dan muttasil artinya bersambung. Sedangkan dalam pengertian secara istilah, mad wajib muttasil adalah bertemunya mad thabi'i dengan hamzah dalam satu kalimat.

Sedangkan hukum bacaan mad wajib muttasil adalah apabila ada mad asli (mad thabi'i) bertemu dengan huruf hamzah yang berharikat dalam satu kalimat, maka panjang bacaannya adalah 4 sampai 5 harakat.
Dalam kalimat tersebut, terdapat mad thabi'i (alif jatuh setelah harokat fathah) bertemu dengan hamzah dalam satu kalimat (hamzah tersebut merupakan huruf dari kalimat assama' yang artinya langit).

2. Contoh Mad Wajib Muttasil Dalam Al-Qur'an
Contoh Mad Wajib Muttasil
Contoh Mad Wajib Muttasil
Dalam surat al-Qodr 1-5 tersebut terdapat 3 hukum bacaan mad jaiz munfasi pada ayat 1, 2 dan contoh mad wajib muttasil pada ayat ke 4.

20 contoh mad jaiz munfasil
contoh mad wajib muttasil dalam surah al-baqarah
contoh bacaan mad arid lissukun
mad jaiz munfasil dalam surah al kafirun
contoh mad wajib muttasil dalam ayat al quran
contoh bacaan mad wajib muttasil beserta alasannya
contoh bacaan mad wajib muttasil dalam juz amma

SIlahkan berkomentar yang bijak
EmoticonEmoticon