Contoh dan Hukum Bacaan Mad Silah Qasirah

Mad Silah Qasirah - Ilmu tajwid kali ini masih membahas seputar hukum bacaan mad dan macam-macamnya. Sekedar mengingat kembali bahwasannya mad terdiri dari mad thabii (mad asli) dan mad far'i. Sedangkan mad far'i mempunyai beberapa macam, salah satunya adalah yang akan kita bahas kali ini yaitu mad silah qasirah.

Sebelumnya kita sudah membahas mad arid lissukun dan mad wajib muttasil. Bagi kamu yang ingin membaca secara keseleruhan macam-macam mad dan pembagiannya silahkan baca: Macam-macam Hukum Mad dan Contoh - contohnya 

Mad silah qasirah merupakan bagian dari mad arid lissukun karena huruf mad thabi'i bertemu dengan hamzah. Berikut tabel yang secara gamblang menentukan bagian-bagian mad.
mad silah qasirah
Mad Silah Qasirah

Hukum Bacaan Mad Silah Qasirah dan Contoh Dalam Al-Qu'an

1. Hukum Bacaan Mad Silah Qasirah

Hukum bacaan mad silah qasirah ketika ada huruf (ﻪ/ﻩ) ha' dhamir berada diantara dua huruf yang berharokat (bukan huruf mati) dan ha' dhammir tersebut huruf yang berharakat dan tidak disambungkan dengan huruf berikutnya, dan tidak bertemu dengan hamzah yang berharakat.

Cara membaca mad silah qasirah tersebut dengan cara memanjangkannya sampai 2 harokat. Misal
Dalam contoh tersebut terdapat huruf ha' dhamir yang sebelum dan sesudahnya adalah huruf hijaiyah yang berharokat

Berbeda dengan mad silah tawilah yang terjadi ketika “ha dhamir” (kata ganti) bertemu huruf hamzah yang berharokat dan huruf sebelum "ha dhamir" tersebut juga berharokat. Silahkan baca Hukum Bacaan Mad Silah Tawilah dan Contohnya.

2. Contoh Mad Silah Qasirah Dalam Suratnya

Berikut contoh mad silah qasirah (lingkaran berwarna merah) dan contoh mad silah tawilah (lingkaran biru) dalam surah al baqarah.
Contoh Mad Silah Qasirah Dalam Suratnya
Surat Al Baqarah ayat: 255

SIlahkan berkomentar yang bijak
EmoticonEmoticon