Contoh dan Hukum Bacaan Mad Shilah Thawilah

Contoh dan Hukum Bacaan Mad Shilah Thawilah

Contoh dan Hukum Bacaan Mad Shilah Thawilah

Mad Shilah Thawilah - Ilmu tajwid pada kesempatan kali ini membahas salah satu macam tajwid yaitu mad silah tawilah. Bagin kamu yang sebelumnya sudah membaca macam-macam mad pasti sudah paham sekilas tentang mad shilah thawilah.

Sedikit mengingat tetang pembagian mad lain, bahwasannya mad dibagi menjadi dua yaitu mad thabi'i dan mad far'i. Sedangkan mad far'ri di bagi lagi menjadi beberapa macam. Salah satunya adalah mad shilah thawilah. Untuk memudahkan pemahaman silahkan lihat tabel berikut
 Mad Shilah Thawilah
 Mad Shilah Thawilah

Hukum Bacaan Mad Shilah Thawilah

1. Hukum Bacaan Mad Shilah Thawilah

Hukum bacaan mad shilah thawilah adalah ketika ada (ﻪ/ﻩ) ha' dhamir bertemu dengan hamzah yang berharokat dan huruf sebelum ha' dhamir juga berharokat.

Cara membaca mad shilah thawilah tersebut adalah dengan memanjangkannya 4 sampai 5 harokat. Misal:
Dalam contoh tersebut, ha' dhamir bertemu dengan hamzah dan huruf sebelum ha' dhamir dalam keadaan berharokat.

Berbeda dengan mad shilah qhasirah yang terjadi ketika ada huruf (ﻪ/ﻩ) ha' dhamir berada diantara dua huruf yang berharokat (bukan huruf mati) dan ha' dhammir tersebut huruf yang berharakat dan tidak disambungkan dengan huruf berikutnya, dan tidak bertemu dengan hamzah yang berharakat. Untuk lebih gamblang mengenai mad shilah qasirah silahkan baca: Hukum Bacaan Mad Shilah Qasirah Beserta Contohnya

2. Contoh Mad Shilah Thawilah Dalam Al Qur'an

Berikut contoh mad shilah thawilah (lingkaran biru) dan mad shilah qasirah (lingkaran merah). Sengaja kami beri contoh ke duannya agar mudah untuk di bedakan.
contoh Mad Shilah Thawilah
Buka Komentar