Contoh dan Hukum Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi

Ilmu tajwid kali ini kita akan membahas mad lazim mukhaffaf harfi baik hukum bacaannya maupun contoh dalam suratnya. Seperti yang telah kita bahas di artikel sebelumnya "Macam-macam Mad dan Pembagiannya", bahwasaanya mad lazim mukhaffaf harfi ini merupakan cabang dari mad far'i.

Sedikit mengulang, bahwasannya mad di bagi menjadi dua yaitu: mad thabi'i (mad asli) dan mad far'i. Untuk mad far'i di bagi lagi menjadi beberapa macam. Salah satunya adalah mad lazim mukhaffaf harfi yang akan kita bahas kali ini. Nah berikut tabel yang bisa memudahkan kamu dalam menguraikan pembagian-pembagian mad.

1. Hukum Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf harfi

Secara bahasa dapat kita uraikan: mad artinya panjang, lazim artinya wajib, harfi artinya disebabkan huruf hijaiyah dan mukhaffaf berati ringan.

Hukum bacaan mad lazim mukhaffaf harfi terjadi apabila membaca huruf-huruf tunggal yand di eja (di baca nama hurufnya) pada awal surah-surah dalam Al-Qur’an. Huruf-hurufnya adalah:
Cara membacanya adalah dipajangkan 6 harakat dan tidak disertai dengan Idgham, kecuali huruf ع yang boleh dibaca dengan 4 atau 6 harakat. Misal:
Dalam contoh tersebut, ada huruf tiga huruf mad lazim mukhaffaf harfi yaitu: ك (kaf), ع ('ain) dan ص (shod) yang di baca panjang 4 atau 6 harokat. Sehingga cara membacanya kaaaaaafhaayaa'ainnnnnnshooooood.

2. Contoh Mad Lazim Mukhaffaf Harfi Dalam Al-Qur'an

Sebenarnya contoh untuk mad lazim mukhaffaf harfi hampir ada disemua huruf muqaththa'ah. Penggunan huruf-huruf muqaththa'ah sendiri ada didalam pembukaan surat-surat Alquran dan dapat disusun dalam 14 rangkaian, yang terdiri dari kelompok berikut:

  1. Kelompok sederhana, terdiri dari satu huruf, terdapat dalam 3 surat, yakni (ص) (QS. Shad); (ق) (QS. Qaf); dan (ن) (QS. Nun).
  2. Kelompok yang terdiri dari dua huruf, tedapat dalam 3 surat, yakni (حم) (QS. Al-Mu’min; QS. Al-Sajdah; QS. Al-Zukhruf, QS. Al-Dukhan; QS. Al-Jatsiyah; dan QS.Al-Ahkaf; (طه) (QS. Thaha); (طس) (QS. Al-Naml); dan (يس) (QS. Yasin).
  3. Kelompok yang terdiri dari tiga huruf, yakni (الم) QS. Al-Bqarah, QS. Ali Imran, QS. Al-Ankabut, QS. Al-Rum, QS. Luqman dan QS. Al-Sajdah); (الر) (QS. Yunus, QS. Hud, QS. Ibrahim, QS. Yusuf, dan QS. Al-Hijr, dan (طسم) (QS. Al-Qashash dan QS. Al-Syu’ara).
  4. Kelompok yang terdiri dari empat huruf, yakni (الر) (QS. Al-Ra’ad) dan (المص) (QS. Al-A’raf).
  5. Kelompok yang terdiri dari lima huruf, yakni rangkaian ((كهيعص (QS. Maryam) dan (حم عسق) (QS. Al-Syuara).

SIlahkan berkomentar yang bijak
EmoticonEmoticon