Lam Tarqiq dan Tafkhim Pada Lafadz Allah

Lam Tarqiq dan Tafkhim Pada Lafadz Allah

Lam Tarqiq dan Tafkhim Pada Lafadz Allah

Lam Tarqiq dan Tafkhim Pada Lafadz Allah - Pada artikel sebelumnya kita telah menjelaskan pembagian cara membaca huruf hijaiyah yaiut: ada yang di baca secara tafkim (tebal) dan ada juga dibaca secara tarqiq (tipis).

Hukum Bacaan Tafkim dan Tarqiq

1. Dibaca Tafkim

Pengertian tafkim menurut bahasa adalah tebal. Jika menurut istilah adalah menebalkan huruf tertentu dengan cara mengucapkan huruf tertentu dengan cara mengucapkan huruf dibibir (mulut) dengan menjorokkan ke depan.

Adapun huruf hijaiyah yang harus selalu dibaca secara tafkim (tebal) dinamakan huruf Isti'laa'. Adapun huruf isti'laa' terdiri dari 7 huruf yaitu:

Tujuh huruf di bawah ini disebut huruf Isti‘laa’ dan harus selalu diucapkan secara tebal.
ج ص ض ط ظ غ ق


2. Dibaca Tarqiq

Pengertian tarqiq menurut bahasa adalah tipis atau ringan. Sedangkan menurut istilah adalah membunyikan huruf-huruf tertentu dengan suara atau bacaan tipis.

Adapun huruf hijaiyah yang harus dibaca secara tarqiq (tipis) adalah huruf hijaiyah selain huruf isti'laa'.


3. Dibaca Tafkim atau Tarqiq

Ada dua huruf hijaiyah yang ternyata bisa dibaca secara tafkim (tebal) ataupun dibaca secara tarqiq (tipis), tergantung pada keadaannya. Adapun dua huruf tersebut adalah  ل  (Lam) dan ر (Ra'). Untuk Ra' tafkim dan tarqiq akan kita bahas di Hukum Bacaan Ra' Tafkim dan Ra' Tarqiq.

Lam Tarqiq dan Tafkhim Pada Lafadz Allah

Ada dua cara mengucapkan huruf  لpada kata  الله(laam jalaalah) yaitu, secara tebal dan secara tipis.

1. Lam Tafkim
Huruf لitu diucapkan secara tebal hanya pada lafadz Allah. Itupun jika didahului oleh bunyi vokal ’a’ (baris fathah َatau ’u’ (baris dhammahُ). Contoh dalam surat Asy-Syuuraa’ ayat 24 di bawah (dalam kotak ).

2. Lam Tarqiq
Sebaliknya, huruf  ل pada lafadz Allah itu diucapkan secara tipis jika didahului oleh bunyi vokal ’i’ (baris kasrah ِ). Contoh dalam surat Asy-Syuuraa’ ayat 24 di bawah (dalam lingkaran).

Surat Asy-Syuuraa’ ayat 24
Surat Asy-Syuuraa’ ayat 24
Buka Komentar