Hukum Bacaan Nun Mati dan Tanwin Beserta Contohnya

Bacaan Nun Mati dan TanwinPadaنْ  danًٌٍ   terdapat bunyi ’n’. Ada 4 kasus mengenai bunyi ’n’ padaنْ  dan ًٌٍtersebut yaitu: iqlaab, izhhaar halqi, ikhfa, idghaam bighunnan dan idgham bilaghunnah.

Hukum Bacaan Nun Mati dan Tanwin Beserta Contohnya

1. IZHAR HALQI

Manakala ada nun sukun nun sukun (ﹾﻥ) atau tanwin (ٌ ٍ ً ) bertemu dengan salah satu huruf halqi yang enam, yakni: hamzah, h aa, haa’, ‘ain, ghain, dan khaa’ ( ﺥ ﻍ ﻉ ﺡ ﻩ ﺀ) maka hukum bacaannya adalah izhar halqi

Keterangan : Iizhar artinya menerangkan atau menje-laskan. Sedangkan Halqi artinya kerongkongan. Jadi izhar halqi harus dibaca dengan terang dan jelas, sebab bertemu dengan huruf halqi.

Enam Huruf itu disebut huruf halqi, karena makhrajnya atau tempat keluarnya suara dari mulut, ada pada kerongkongan atau tenggorokan.

Contohnya:
Contoh Izhar Halqi
Contoh Izhar Halqi

2. IDGHAM BIGHUNNAH

Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf : yaa’, nun, mim, dan wau, (ﻭ ﻡ ﻥ ﻯ) maka hukum bacaannya disebut : Idgham Biighunnah

Keterangan: Idgham artinya memasukkan atau men-tasydidkan. Bighunnah artinya : dengan mendengung. Jadi cara membacanya harus dimasukkan atau ditasydidkan ke dalam salah satu huruf yang empat itu, dengan suara mendengung.

Contohnya:
Contoh Idgham Bighunnah
Contoh Idgham Bighunnah
Akan tetapi apabila nun sukun dan tanwin bertemu dengan salah satu huruf yang empat tersebut di atas di dalam satu perkataan (kalimah) maka bukanlah bacaan idgham, artinya tidak dibaca idgham, dan tidak ditasydidkan, bahkan harus dibaca dengan terang atau izhar dan disebut IZHAR WAJIB. Jikaنْ  dan ًٌٍ bertemu empat huruf di atas masih dalam satu kata yang sama maka bunyi ’n’ padaنْ  danًٌٍ itu diucapkan secara jelas (kasus izhar). Dalam Al-Qur’an hal ini ditemui dalam empat kata berikut:

اَلدُّنْيَا – بُنْيَنٌ – قِنْوَانٌ – صِنْوَانٌ
Contohnya:
Contoh Izhar Wajib

3. IDGHAM BILAGHUNNAH

Apabila ada nun sukun dan tanwin bertemu atau () dengan salah satu dari huruf : lam maka hukum bacaanya disebut : () ra’ IDGHAM BILAGHUNNAH

Keterangan: Id-gham artinya : memasukkan atau mentasydidkan. Bila Ghunnah artinya : dengan idak mendengung.
Contoh Idgham Bilaghunnah
Contoh Idgham Bilaghunnah


4. IQLAB

Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu maka hukum bacaanya () dengan baa’ disebut IQLAB.
Keterangan: Iqlab artinya : membalik atau menukar. Tegasnya huruf nun atau tanwin itu membacanya ketika itu dibalik (ditukar) menjadi ().
Contoh Iqlab
Contoh Iqlab

5. IKHFA HAQIQI

Apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu dari huruf 15 tersebut di bawah ini, maka hukum bacaannya disebut IKHFAA’ HAQIQI

Keterangan: khfaa’ artinya : menyamar atau menyem-bunyikan.Haqiqi artinya : sungguh-sungguh atau benar-benar.

Dan cara membacanya adalah samar-samar antara Izhar dengan Idgham . Artinya harus terang, tetapi disambung dengan huruf yang di mukanya dengan mendengung. Huruf 15 itu ialah :

ﻙ ﻕ ﻑ ﻅ ﻁ ﺽ ﺽ ﺵ ﺱ ﺯ ﺫ ﺩ ﺝ ﺙ ﺕ

Huruf-huruf itu ialah semua huruf hijaiyah (semua huruf Arab), selain dari huruf Idh-har Halqi, Idgham bi-ghunnah, Idgham bilaghunnah dan Iqlab.
Contoh Ikhfa Haqiqi
Contoh Ikhfa Haqiqi
Contoh Ikhfa Haqiqi
Contoh Ikhfa Haqiqi

SIlahkan berkomentar yang bijak
EmoticonEmoticon